Menilik Fasilitas dan Tingkat Keamanan Basecamp Wekas, Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung api yang menjadi destinasi favorit bagi pendaki terutama pendaki pemula yang baru pertama kali mendaki gunung. Selain karena pemandangannya yang indah, jalur pendakian Gunung Merbabu juga tidak terlalu sulit. Sehingga banyak pendaki yang tertarik ikut mengabadikan pesona Merbabu. Gunung ini secara administratif teletak di Kabupaten Magelang pada lereng sebelah barat, Kabupaten Boyolali pada lereng sebelah timur dan selatan, serta Kabupaten Semarang pada lereng sebelah  utara.

Salah satu jalur pendakian favorit adalah melalui Basecamp Wekas. Terletak di Kampung Kedekan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Dari jalan utama Magelang Salatiga menuju basecamp hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunkan kendaraan bermotor. Akses jalan menuju basecamp pun terbilang mudah, tanjakkan yang dilewati juga tidak terlalu curam. Banyak pula papan penunjuk arah yang memudahkan pendaki menuju basecamp.

IMG_0185 edit

 

Sampai di lokasi basecamp, akan terlihat banyak rumah warga yang dijadikan tempat beristirahat para pendaki. Hal tersebut menjadi tambahan rezeki tersendiri bagi warga sekitar. Basecamp yang kami huni adalah milik Pak Purwanto. Fasilitas di basecamp termasuk lengkap. Ada tiga ruangan terpisah yang disediakan bagi rombongan pendaki yang mampu menampung sekitar 50 orang. Terdapat warung yang menyediakan makan berat maupun snack dan minuman hangat, serta peralatan outdoor dan alat pendakian. Kekurangan dari basecamp Pak Purwanto adalah toilet yang hanya ada satu ruang. Hal ini cukup mengganggu jika banyak rombongan ingin menggunakan toilet di waktu yang bersamaan. Bagi yang tidak mau mengantre, tidak jauh dari basecamp disediakan toilet umum yang dikelola waga sekitar. Toilet umum ini juga sebagai tempat pengambilan air sebelum memulai pendakian. Di basecamp ini juga dilengkapi dengan peta jalur pendakian yang tertempel di halaman luar.

IMG_0191 edit

 

IMG_0193edit

Kondisi lingkungan sekitar basecamp terlihat terawat dengan baik. Meskipun belum terdapat tempat pengelolaan sampah, tapi tidak ditemukan sampah bertebaran di lingkungan sekitar basecamp. Hal ini didukung oleh kesadaran masyarakat sekitar tentang kebersihan lingkungan.

Menurut penilaian kami, jika dilihat dari apa yang disediakan oleh pemilik basecamp, fasilitas yang ada di basecamp wekas sudah baik. Namun, ada beberapa hal yang menurut kami kurang. Terutama pada tingkat keamanan karena letak pos keamanan yang tidak kami ketahui keberadaannya. Hal tersebut  mungkin disebabkan lingkungan yang masih aman dan petugas ronda yang berkeliling tiap malam. Juga letak puskesmas yang terbilang cukup jauh dari basecamp. Jika terjadi gangguan kesehatan, pihak basecamp hanya melarikan penderita ke mantri desa. Sehingga belum ada kejelasan terkait.

Solusi yang ada menurut kami yaitu sebaiknya disediakan pos keamanan. Walaupun dirasa aman, menurut kami dengan adanya pos keamanan dapat mempermudah para pendaki yang ingin melapor jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan. Begitu pula dengan pos kesehatan, bukan hanya disediakannya pos kesehatan tetapi juga diperlukan adanya petugas medis yang siaga di pos tersebut.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.