Gladimadya Olahraga Arus Deras 2023, yang bertajuk “Telisik Tirta Tana Toraja,” telah berhasil setelah sepuluh hari penuh dengan kegiatan menarik, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan eksplorasi sungai yang masih jarang tersentuh. Acara ini berlangsung dari 4 hingga 14 Agustus 2023. Ekspedisi ini merupakan edisi Gladimadya divisi Olahraga Arus Deras tahun 2023, dengan fokus pada jeram-jeram menarik di Sungai Ma’iting, Desa Ma’dong, Kecamatan Dende’ Piongan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Keindahan alam di sekitar sungai dan medan yang belum banyak dijelajahi menjadikannya pilihan yang tepat untuk petualangan Gladimadya tahun ini.

Salah satu aspek menarik dari acara ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Ekspedisi “Telisik Tirta Tana Toraja” menunjukkan komitmen tim dalam melaksanakan tri dharma. Tim mengadakan kampanye kesadaran narkoba bagi anak-anak dan remaja dengan rentang usia 12-18 tahun, yang membahas masalah darurat penyalahgunaan zat di wilayah Tana Toraja. Tim memberikan sesi informasi tentang pencegahan dan kesadaran narkotika di sekolah non-formal PKBM Lestari Kamali, yang terletak di Jl. Trans Rantepao-Makale, Tallulolo, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Inti dari acara ini adalah pengarungan sungai itu sendiri. Ekspedisi ini mencakup pengalaman arung jeram yang menantang di sepanjang jeram Sungai Mai’ting, dengan panjang sekitar 9,76 kilometer dan diklasifikasikan sebagai sungai bergrade 3-4. Tim melakukan perjalanan ini selama 6 jam, mengarungi jeram-jeram menarik yang menjadi ciri khas sungai ini sekaligus memetakan dan mendokumentasikannya. Peserta telah membekali diri dengan latihan teknis mengenai kendali perahu, teknik dayung, prosedur penyelamatan, dinamika kerja tim, dan keterampilan penting lainnya. Tujuannya adalah meningkatkan kompetensi tim dalam arung jeram dan memastikan keamanan ketika lapangan.

Pada ekspedisi ini, Mapagama memberangkatkan lima orang mahasiswa dari berbagai fakultas, yang terdiri dari Azra Syifa’ul Wafa Nyzaputri (Isipol), Benilde Siera Mahardika (Pertanian), Syella April Liyanti (Sekolah Vokasi), Wijdan Annafi’ Ahmad (Geografi), Septiyanto Lukman Widodo (Peternakan).


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.