Photo by Sajan16

Serangkaian pendidikan tingkat akhir atau Gladimadya 4 Divisi angkatan SAJAN16 ditutup dengan kegiatan penelitian di Dusun Tungu, Desa Girimulyo, Panggang, Gunung Kidul. Pendidikan Gladimadya 4 Divisi SAJAN16 sebelumnya telah melakukan eksplorasi gua di kawasan karst Gunung Sewu di Desa Sekar, Pacitan, Jawa Timur oleh Tim Penelusuran Gua (Caving). Selanjutnya melangkah lebih ke timur lagi melakukan pendakian Gunung Raung Via Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur oleh Tim Gunung Hutan. Kemudian pergerakan tim beralih ke bagian barat jawa yaitu pengarungan di sungai Citanduy, Tasikmalaya oleh Tim Olah Raga Arus Deras dan bergeser sedikit ke Pabeasan, Bandung Barat melakukan pemanjatan Tebing Citatah oleh Tim Panjat Tebing (Climbing). Berakhir di wilayah tengah melakukan penelitian ini di Desa Girimulyo, Panggang, Gunung Kidul, Jawa Tengah oleh Tim Penelitian Gladimadya 4 Divisi SAJAN16.

Kegiatan ini berupa penelitian mengenai informasi keanekaragaman flora yang ada di hutan Linggomanik. Hutan Linggomanik merupakan kawasan ‘Sultan Ground’ yang artinya tanah tersebut milik Keraton Ngayogyakarta dan masyarakat tidak memiliki hak kecuali mendapatkan titah langsung dari keraton. Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan dengan pengambilan data sebanyak dua kali. Selanjutnya data yang telah didapat dianalisis di laboratorium.

Photo by Sajan16

Berangkat dari informasi mengenai hutan Linggomanik sangat terbatas, hanya diketahui oleh beberapa orang saja yang menjadi juru kunci dan stakeholder setempat. Bahkan tergolong sulit karena selama ini isu yang berkembang di masyarakat, hutan Linggomanik dianggap sakral, oleh karena itu belum pernah dilakukan penelitian yang terkait. Sehingga membuat potensi yang dimiliki hutan tersebut kurang dapat dimaksimalkan dengan baik.

Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara inventarisasi tegakan dengan membuat petak ukur dan observasi langsung dilapangan dengan mengambil sampel salah satu tubuh tumbuhan misalnya serangkaian daun dengan ranting dan dahan . Pengambilan sampel tersebut untuk pembuatan herbarium yang nantinya digunakan untuk identifikasi mendalam di laboratorium. Output penelitian ini berupa laporan hasil penelitian yang menyajikan informasi jenis-jenis tumbuhan tingkat pohon dan tiang yang menyusun Hutan Linggomanik dan majalah ilmiah berupa Peta kawasan Hutan Linggomanik yang kemudian diberikan kepada masyarakat sekitar Dusun Tungu. Diharapkan melalui penelitian ini dapat digunakan sebagai data awal bagi masyarakat Dusun Tungu dalam perencanaan wisata budaya jangka panjang serta memaksimalkan pengelolaan dan pemanfaatan Hutan Linggomanik.

Photo by Sajan16

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan Hutan Linggomanik memiliki tumbuhan tingkat pohon dan tiang sebanyak 68 individu dengan 57 individu tingkat pohon dan 11 individu tingkat tiang. Jenis spesies yang dapat di indentifikasi oleh tim sebanyak 10 spesies, 9 diantaranya teridentifikasi tingkat spesies sedangkan 1 hanya diketahui famili.

 

Tim Gladimadya 4 Divisi SAJAN16

-Gladimula XXXII-


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.